Jul 15, 2011

Ilmuwan Ciptakan Antena Setipis Kertas

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1699302.jpg


Ilmuwan menciptakan antena yang dapat mengumpulkan energi listrik dari gelombang elektromagnet di udara sekitar kita. Setipis kertas.
Angin bisa jadi sumber energi listrik. Tapi bagaimana dengan udara statis? Siapa yang bilang udara statis tidak mengandung energi?
Ternyata udara sekitar kita dipenuhi gelombang energi elektromagnet dari berbagai jaringan telekomunikasi ponsel, satelit, maupun radio. Gelombang ini adalah sumber listrik.
Manos Tentzeris, dari Georgia Tech’s School of Electrical and Computer Engineering, menciptakan antena yang bisa menangkap energi dari udara sekitar kita.
“Ada banyak energi elektromagnetik di sekitar kita, tapi belum ada yang berusaha mengolahnya,” ujar Manos Tentzeris, seperi dikutip dari Inhabitat.
Antena ciptaannya berupa kertas dan bahan polimer tipis yang dapat menangkap gelombang frekuensi sebesar 100 MHz hingga 15 GHz. Alatnya itu kemudian menyimpan energi dalam kapasitor dan baterai.
Energi yang tersimpan dapat digunakan untuk menghidupkan perangkat komunnikasi nirkabel, prosesor komputer, dan perangkat elektronik lain. [mor]

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...