Dec 13, 2013

Selamatkan Bumi dengan Lakukan Hal-hal Sederhana

Bumi tak pernah berhenti memberikan kita kehidupan, saatnya kita lakukan hal-hal sederhana untuk bumi kita. Ada beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan:

  • Hemat Kertas

    Kertas berasal dari pohon, pohon menghasilkan oksigen. Nah, kalau kita boros kertas gimana? Pikir sendiri, 'ya.


    Fungsi hutan selain
    untuk paru-paru dunia, yaitu menyelamatkan lingkungan dari bahaya banjir, tanah longsor, kekeringan, dan perubahan iklim. Dan hutan juga berfungsi sebagai tempat pelestarian keanekaragaman hayati flora dan fauna.

    Proses produksi 1 ton kertas butuh minyak bumi sebanyak 3.000 liter. 3.000 liter minyak bumi untuk produksi kertas ternyata hanya menghasilkan 30 rim kertas. Sayang, 'kan, kalau kertasnya cuma dicoret sebentar dan dibuang? Boros kertas ternyata bikin harga BBM naik juga, 'kan? Jadi, kalau BBM naik jangan ngomelin pemerintah terus.

    • Gunakan dua sisi kertas kalau mau nge-print yang tidak terlalu penting.
    • Apabila salah nulis atau nge-print, simpan kertasnya, jangan dibuang, toh masih banyak yang kosong, bisa dipakai buat coret-coretan, daftar belanja, dll.. 
     
  • Tidak Membuang Sampah Sembarangan

    Kepikiran gak kalau kita buang sampah sembarangan akan berdampak pada kehidupan laut? Buang sampah sembarangan akan membuat sampah itu pergi kemanapun, dan apabila masuk selokan, maka sampah akan mengalir ke sungai, dan berujung ke laut.


    Sembilan puluh persen permukaan air laut dipenuhi sampah plastik dengan kepadatan 46.000 plastik/m
    ². Ingat, bahwa laut, sungai, dan daratan saling terhubung. Pengelolaan sampah yang kurang cermat bisa mengalir ke laut.

    Di bawah ini adalah gambar dari ulah tangan manusia:




    Gimana? Kasian, 'kan? Hewan tidak punya akal dan dosa, tapi ternyata mereka yang kena dampak dari ulah tangan makhluk yang berakal, yaitu manusia. :(

    Tidak hanya itu, membuang sampah sembarangan juga membuat lingkungan kita banjir karena adanya penyumbatan saluran air akibat sampah-sampah yang kita buang sembarangan. Tapi anehnya, kalau udah banjir kadang pemerintah yang disalahin. Mari saling introspeksi.

    • Buang sampah pada tempatnya.
    • Apabila tidak ditemukan tempat sampah, simpan sampahnya dan buang kalau udah nemu tempat sampah. 
    • Botol minum plastik terurai sempurna di tanah selama 450 tahun. Bawa tumbler kemanapun kita pergi, agar tidak menambah volume sampah botol plastik. 
     
  • Hemat Energi

    • Matikan air, lampu, TV, AC, dll. jika tidak digunakan.
    • Cabut charger handphone, laptop, dll. jika baterai sudah terisi penuh.
       
Manusia diciptakan Tuhan untuk menjadi khalifah di bumi. Apa itu khalifah? Khalifah adalah pengelola, penguasa, atau pemimpin. Manusia adalah makhluk yang paling sempurna di antara semua makhluk karena manusia mempunyai akal.

Kita memang selalu bergantung pada sumber daya. Karena manusia berakal dan berbudi, tugas kita gunakan sumber daya dengan bijak tanpa menambah kerusakan rumah semua makhluk. Dari kita untuk kita. :)


Banyak disadur dari: https://twitter.com/ehindonesia 

Menurut Anda:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...