Jun 25, 2011

Dampak Buruk Radiasi Penggunaan Ponsel

Saat ini handphone (HP) menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kebanyakan orang. Bahkan ada yang menganggap bahwa kalau tidak membawa handphone atau ketinggalan handphone lebih baik pulang untuk mengambil handphone-nya daripada belajar atau bekerja. Ada juga yang beranggapan dengan handphone, segala sesuatunya pasti beres. Keduanya menunjukkan betapa pentingnya handphone bagi seseorang. 
Memang benar handphone mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi setiap orang. Untuk berkomunikasi dengan teman, rekan kerja, dan orang-orang tertentu yang berhubungan dengan kita. Apalagi sekarang ini handphone sudah semakin canggih dan banyak juga yang murah. Sehingga tidak hanya orang kaya yang memiliki handphone, tapi orang biasa pun bisa membeli handphone. Faktor lain yang mendukung banyaknya orang yang mau menggunakan handphone adalah banyaknya operator yang menawarkan paket-paket telpon murah atau paket lainnya yang hanya mengeluarkan sedikit pulsa.
Di samping handphone mempunyai manfaat, ternyata handphone juga membahayakan kesehatan kita. Apabila kita sering menggunakan handphone berlebihan, ini akan membuat lemah syaraf kita. Dan apabila kita menaruh handphone di pinggang, ini akan mengurangi kesuburan.
Menurut beberapa hasil survey, bahwa bahaya yang ditimbulkan radiasi handphone bagi kesehatan melebihi bahaya yang ditimbulkan akibat merokok. Radiasi handphone menyebabkan peningkatan resiko kanker otak, peningkatan resiko kerusakan sel sperma pada laki-laki, peningkatan resiko kegagalan kandungan pada perempuan. Pernah terjadi seseorang wanita mengalami keguguran ketika usia janin berusia 2-3 bulan. Setelah dicek di rumah sakit, dokter mengatakan bahwa rahim wanita ini terinfeksi oleh radiasi handphone. Ini membuktikan bahwa radiasi handphone berbahaya bagi wanita yang sedang hamil.
Selain itu, hasil penelitian di Universitas Land (Swedia) telah menunjukkan bahwa radiasi handphone dapat mengurangi fungsi enzim dan protein. Penelitian tersebut menggunakan tikus percobaan, dan menghasilkan adanya perubahan biokimia dalam darah tikus yaitu, terjadinya protein albumin yang berfungsi dalam memasok aliran darah ke otak tikus. Kalau saja ini terjadi pada manusia, tentu kita tidak ingin ini terjadi. Profesor Leif Salford, seorang peneliti masalah dampak pemakaian ponsel terhadap kesehatan, bahwa gelombang mikro yang keluar dari handphone dapat memicu timbulnya penyakit "Alzheimer" atau kepikunan lebih awal dari usia semestinya.
Banyak pihak-pihak tertentu yang sudah memperingatkan bahwa radiasi handphone sangat berbahaya bagi kesehatan. Di Toronto, Departemen Kesehatan masyarakat tersebut menyarankan agar membatasi penggunaan handphone oleh remaja dan anak - anak. Kalaupun menggunakan handphone hanya dalam keadaan darurat dan dibatasi selama 10 menit.   
Sekarang kita sudah mengetahui bahwa handphone juga mempunyai dampak negatif. Namun, dampak negatif tersebut bisa kita kurangi dengan cara:
1. Gunakan Headset ketika berbicara/telpon melalui handphone.
2. Jika tidak mempunyai headset, lebih baik di-loud speaker saja.
3. Jika masih bisa sms daripada telpon, lebih baik sms. Di samping mengurangi radiasi handphone juga menghemat pulsa.
4. Jauhkan handphone saat digunakan dari anak-anak dan wanita hamil.
5. Kurangi penggunaan handphone secara berlebihan.
6. Tidak meletakan handphone sembarangan.


NB: Tulisan di atas banyak diambil dari http://www.pantonanews.com/843-dampak-negatif-radiasi-hp

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...