Jun 19, 2012

Sejarah Pemasangan Sponsor pada Seragam Sepak Bola

Konsep sponsor pada seragam sepak bola mulai dikenal pada tahun 1950-an. Pada era ini Austria, Denmark, dan Prancis adalah beberapa negara yang klub-klub sepak bolanya mulai menampilkan sponsor pada jersey mereka. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memperoleh tambahan pendapatan.

Namun, tidak semua klub di Eropa melakukan hal yang sama. Sebab, banyak liga di negara-negara daratan Eropa melarang adanya logo dan nama pada seragam suatu klub selain nama dan logo klub itu sendiri.

Era baru sponsorship pada kaos jersey bola terjadi pada tahun 1973. Adalah Mast Günter, sosok pioner yang memiliki ide untuk mensponsori klub sepak bola di tahun tersebut.
Ketika itu, Mast Günter menjalin kerja sama sponsorship dengan sebuah klub bernama Eintracht Braunschweig. Mast Günter menempatkan logo Jagermeister pada kaos klub yang bermain di Bundesliga ini. Jagermeister adalah merek minuman beralkohol yang merupakan produk utama dari perusahaan Mast-Jägermeister AG yang berbasis di Jerman.
AC Milan 2012/13
Sebenarnya logo Jagermeister sebelumnya pernah diluncurkan ketika Mast-Jägermeister AG menjadi sponsor tim balap motor. Akan tetapi, olahraga sepak bola yang memiliki banyak sekali penyuka dianggap menjanjikan peluang yang jauh lebih besar untuk berpormosi. Mast pun mengalihkan sponsor dari balap motor ke sepak bola.

Untuk kerja sama ini, Eintracht Braunschweig mendapat bayaran sekitar 160.000 hingga 800.000 Marks untuk masa kontrak lima tahun. Eintracht Braunschweig menempatkan logo Jagermeister di bagian depan seragam klub ini.

Mulanya asosiasi sepak bola Jerman tidak meluluskan permintaan Eintracht Braunschweig untuk memakai seragam yang terdapat logo sponsor. Hanya saja, ketika semua pemain klub ini memilih untuk mengganti logo tradisional mereka dengan logo Jagermeister, liga pun tidak dapat berbuat apa-apa.

Eintracht Braunschweig mengenakan seragam barunya ini pada tanggal 23 Maret 1973. Tujuh bulan kemudian, sponsor pada seragam sepak bola resmi dilegalkan oleh Bundesliga.

Ketika sponsor pada seragam sepak bola telah mendapatkan tempat di Jerman, tidak demikian dengan di Inggris. Liga Inggris bahkan mengancam akan menjatuhkan sanksi berupa denda yang besar pada klub yang mengenakan seragam yang memuat tulisan atau logo dari perusahaan sponsor.

Liga Inggris baru mulai mengizinkan sponsor pada seragam sepak bola empat tahun setelah Jerman melakukannya.


Menurut Anda:

2 comments:

  1. @makasih mas sebelumnya dah mau mapir kegubuk saya, pertanyaan mas mengenai mp3 yang gak bisa di rename kalau menurut saya itu bisa juga karena denny acces (bisa diliat lagi diblog saya mengenai denny acces), trus bisa juga itu kesalahn pas download aja,,:)
    artikel disini mantab2 mas...ijin liat liat juga yak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Maap, maksud saya bukan gak bisa di-rename, tapi details yang di properties ga bisa diganti. Tuh gimana ya, Mas?

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...